Sabtu, 27 Februari 2016

Tips Cara Perawatan Anis Merah Secara Tepat dan Mudah

Cara perawatan Anis Merah dapat dikatakan susah-susah gampang, burung ini memiliki karakter yang unik. Burung Anis Merah terkenal sebagai burung yang sangat manja, sangat mudah untuk dijinakkan. Namun sangat sulit baginya untuk menyesuaikan dengan hal baru, baik lingkungan ataupun pemiliknya. Hal tersebut yang membuat burung Anis Merah sedikit sulit untuk dirawat, terlebih lagi jika Anda mengharapkannya untuk ikut lomba. Anda harus melakukan cara perawatan secara tepat jika ingin suara Anis Merah peliharaan Anda merdu dan lantang. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan bagi Anda yang memelihara burung Anis Merah.

cara perawatan anis merah biar cepat ngeplong,cara perawatan anis merah mabung,cara perawatan anis merah stres,cara perawatan anis merah mandek,cara perawatan anis merah untuk lomba,
Baca juga: Tips Mudah Merawat Cucak Ijo Biar Gacor Bagi Pemula

Langkah Cara Merawat 

1. Perawatan harian

Untuk perawatan harian, Anda harus rajin mengangin-anginkan, memandikan, menjemur dan memberi pakan yang tepat. Untuk mengangin-anginkan burung, lepaskan kerodong kandang burung setelah jam 6 pagi. Setelah itu letakkan di teras selama 2 jam, jika matahari sudah mulai naik Anda dapat memandikan burung. Setelah memandikan burung, bersihkan kandang agar tetap terjaga kebersihannya. Cara perawatan Anis Merah selanjutnya yaitu menjemur burung selama kurang lebih 2 jam. Jika sudah dijemur, gantung burung di bawah pohon atau di teras atau di tempat yang sejuk lainnya.

2. Pakan

Cara perawatan Anis Merah tidak hanya memandikan dan menjemurnya saja, tetapi juga harus memperhatikan pakannya. Berikan pakan berupa jangkrik di pagi hari sebanyak 2 ekor, namun jangan diberikan secara langsung. Namun selain itu Anda juga harus memberikan makanan ekstra pada burung Anis Merah Anda. Cara perawatan Anis Merah ini tidak sulit, Anda hanya membutuhkan kroto segar dan cacing. Berikan kroto segar sebanyak 1 sendok teh untuk setiap Minggunya, sementara cacing 2 ekor untuk setiap minggunya.

cara perawatan anis merah biar cepat ngeplong,cara perawatan anis merah mabung,cara perawatan anis merah stres,cara perawatan anis merah mandek,cara perawatan anis merah untuk lomba,

3. Keamanan dan lingkungan

Seperti yang sudah disebutkan, burung Anis Merah sangat sensitif dengan lingkungan di sekitar. Cara perawatan Anis Merah yang tepat untuk Anda lakukan adalah menempatkannya di tempat yang kondusif. Jika burung terlalu stres maka burung dapat teler atau tidak berkicau lagi. Jika sudah malam, sebaiknya segera tutup keroncongnya agar tidak mudah diserang hewan pemangsa seperti tikus atau kucing. Selain itu cara perawatan Anis Merah ini juga membantu agar burung merasa hangat di malam hari.

4. Persiapan lomba

Jika mendekati hari perlombaan, berikan jangkrik sebanyak 2 kali lipat yaitu menjadi 4 ekor. Pemberian dapat dilakukan di pagi dan sore hari, selain itu sebaiknya jangan terlalu lama dijemur. Cara perawatan Anis Merah yang akan ikut lomba yaitu cukup dengan menjemurnya selama 30 menit saja per harinya. Sebaiknya burung juga diisolasi agar tidak stres dan lebih fokus untuk perlombaan.

Cara merawat Anis Merah yang cepat teler yaitu dengan memberikan porsi pakan lebih. Berikan jangkrik sebanyak 3 ekor setiap pagi dan sore hari, selain itu berikan kroto sebanyak 3 kali dalam seminggu. Begitu pula dengan cacing, berikan 3 kali dalam seminggu sebanyak 2 ekor dalam sekali pemberian. Usahakan juga agar burung Anis Merah berada di tempat yang terisolasi, jangan sampai mendengar suara yang membuatnya terganggu. Itulah hal-hal yang harus Anda lakukan, tidak sulit bukan cara perawatan Anis Merah tersebut.

Masukan Email Langganan:

Back To Top