Minggu, 28 Februari 2016

Tips Merawat Lovebird Mabung Dengan Benar

Merawat lovebird mabung dengan benar - Tak sedikit penghobi burung lovebird pemula merasa kebingungan ketika burung lovebird yang mereka sayangi mabung. Mabung biasanya disebut juga dengan istilah molting yakni rontoknya bulu pada burung dan burung tampak lebih murung. Proses mabung sendiri merupakan proses yang secara alami terjadi dan dialami lovebird maupun sejenis burung yang lainnya. Saat burung lovebird ini sedang mabung, tentu memerlukan perawatan lovebird mabung dengan tepat agar burung pun bisa lebih tenang dan normal kembali.

ciri ciri lovebird mabung,perawatan lovebird setelah mabung,lovebird mabung pertama,cara merawat lovebird untuk lomba,berapa lama lovebird mabung,perawatan lovebird lomba,
Baca juga: Tips Merawat Murai Batu Muda Hutan Dengan Mudah dan Tepat
Para pencinta lovebird mania tentunya harus mengetahui bagaimana cara merawat lovebird mabung dengan tepat. Umumnya lovebird yang sedang mabung sendiri kekurangan vitamin maupun nutrisi di tubuhnya. Maka dari itu, perlu beberapa tips merawat lovebird mabung berikut ini.

Langkah Perawatan Mabung Ynag Harus Anda Lakukan

1. Letakkan burung lovebird ke tempat yang jauh dari keramaian

Tak sedikit orang menganggap saat masa mabung tiba, maka jati diri lovebird akan hilang untuk itu pastikan Anda menempatkan lovebird kesayangan ke area yang sepi dan nyaman. Langkah merawat lovebird mabung ini bertujuan supaya lovebird Anda bisa berpikir dengan jernih, lebih fokus dan juga nyaman. Hindari menutup krodong pada kandang, sebaiknya usahakan untuk dibuka terus atau dengan dikaitkan ke area pepohonan jika cuaca hendak hujan atau meredup.

2. Jauhkan dari paparan sinar matahari

Cara merawat lovebird mabung berikutnya adalah jauhkan lovebird dari paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari akan berakibat fatal bagi lovebird kesayangan Anda. Disamping itu, lovebird yang sedang mabung memerlukan kelembaban tinggi demi mempercepat penumbuhan bulu pada lovebird itu sendiri.

ciri ciri lovebird mabung,perawatan lovebird setelah mabung,lovebird mabung pertama,cara merawat lovebird untuk lomba,berapa lama lovebird mabung,perawatan lovebird lomba,

3. Pemandian hanya 1 minggu sekali

Langkah merawat lovebird mabung untuk tahap pemandian ini memang begitu penting. Akan tetapi, jika lovebird sedang mabung atau bulunya mengalami kerontokan pastikan untuk memandikannya hanya 1 minggu sekali saja. Selain itu, jika lovebird ini tak dimandikan ia akan merasa kegatalan, bahkan bisa membuat burrung sakit. Ditambah lagi, bila dimandikan hingga berkali-kali bisa menghambat proses tumbuhnya bulu pada burrung.

4. Pemberian vitamin

Pemberian vitamin merupakan hal terpenting dalam merawat lovebird mabung. Ada beberapa jenis vitamin di pasaran, akan tetapi jenis vitamin paling baik dan terkenal yaitu E-bod Vit. Jenis vitamin yang satu ini bisa mengembalikan sistem metabolisme tubuh burrung serta bisa meningkatkan nutrisi dan protein pada tubuh burrung.

ciri ciri lovebird mabung,perawatan lovebird setelah mabung,lovebird mabung pertama,cara merawat lovebird untuk lomba,berapa lama lovebird mabung,perawatan lovebird lomba,

5. Pemberian pakan berkualitas

Tahapan merawat lovebird mabung berikutnya adalah pemberian pakan berkualitas. Pemberian pakan ini sangat penting untuk mengembalikan stamina sang brurung yang sedang mabung.

6. Hindari kerodong sangkar

Saat lovebird sedang mabung, Anda harus menghindari burung dari kerodong sangkar. Hal tersebut bisa membuat brurung lebih mudah stres ketika masa mabung sebab brurung lovebird memerlukan ketenangan dengan tidak menutupi kandangnya memakai kain. 

Langkah-langkah tersebut diataslah yang sebaiknya dilakukan ketika lovebird kesayangan Anda sedang mabung atau mengalami kerontokan pada bulunya. Burrung lovebird yang sedang mabung memerlukan perawatan yang khusus dan juga ketenangan, sehingga burung pun lebih berstamina. Demikian ulasan mengenai cara merawat lovebird mabung dengan tepat!

Masukan Email Langganan:

Back To Top