Kamis, 10 Maret 2016

Cara Merawat Nuri Kepala Hitam yang Baik

Cara Merawat Nuri Kepala Hitam - Burung nuri adalah salah satu jenis burung kicau yang sangat menarik dan banyak dicari oleh para pecinta burung untuk dipelihara. Salah satu jenis burung nuri yang sangat populer adalah nuri kepala hitam paruh kuning. Nuri jenis ini biasa ditemukan di daerah Indonesia Timur, seperti Papua, Ambon, Dan Ternate. Menyandang predikat sebagai salah satu jenis burung yang kicau langka, maka perawatan burung ini juga tidak biasa. Cara merawat nuri kepala hitam paruh kuning memang tidak semudah merawat burung kicau jenis lain seperti kacer, atau kenari.

cara merawat nuri bayan,cara merawat nuri irian,cara merawat nuri maluku,cara merawat nuri pelangi,nuri kepala hitam jantan,cara menjinakan nuri,harga nuri kepala hitam 2016,
Baca juga: Cara Merawat Pentet Biar Gacor
Cara merawat nuri kepala hitam bagi sebagian orang yang sudah pernah memelihara burung ini mereka beranggapan jika sebenarnya perawatannya tidak susah, hanya saja memang butuh pengetahuan yang tepat. Jenis nuri yang bisa bicara ini cukup mudah untuk dijinakkan meskipun dari hasil tangkapan di hutan dan bukan dari hasil penangkaran. Burunrg ini sangat mudah meniru suara manusia dan juga suara burunrg jenis lain, inilah salah satu alasan yng membuatnya begitu memikat pecinta burung. Dengan mengetahui cara merawat nuri kepala hitam yng benar, maka burunrg ini akan cepat beradaptasi dengan lingkungannya. Sebelum Anda memutuskan untuk memelihara burunrg ini, maka Anda harus mempelajari dulu cara merawat nuri kepala hitam yang baik. 

Berikut Beberapa Hal Harus Anda Perhatikan Dalam Perawatannya

1. Kandang

Kandang merupakan bagian terpenting dari pemeliharaan burung, karena kandang akan menjadi tempat tinggal bagi burung tersebut. Burrung ini membutuhkan kandang yang cukup lebar sebab burrung ini memiliki ekor yng panjang sehingga rawan rusak jika kandangnya tidak cukup lebar. Ukuran kandang ideal bagi bururng ini minimal 1 x 1 m. Cara merawat nuri kepala hitam setelah kandang siap digunakan selanjutnya diisi dengan balok kayu dan serabut kelapa di dalamnya. Balok kayu dan sabut kelapa ini penting sebab dijadikan sarang bagi burrung yang akan bertelur.

cara merawat nuri bayan,cara merawat nuri irian,cara merawat nuri maluku,cara merawat nuri pelangi,nuri kepala hitam jantan,cara menjinakan nuri,harga nuri kepala hitam 2016,

2. Makanan

Setelah kandang siap digunakan, selanjutnya bagian yng harus diperhatikan dari cara merawat nuri kepala hitam yaitu makanan. Sama seperti halnya dengan burunrg berparuh bengkok pada umumnya, pakan bagi burung ini adalah biji-bijian, buah, atau sayuran. Meskipun buah bagus, namun jangan menggunakan buah coklat dan alpukat sebagai pakan. Jangan lupa berikan vitamin burunrg dan mineral untuk burunrg agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi.

3. Pembiakan

Cara merawat nuri kepala hitam yng sudah siap dikawinkan yaitu tempatkan burung dalam satu kandang, biarkan mereka melakukan perkawinan. Berikan pula birdmature untuk meningkatkan kualitas telur yng dihasilkan, sehingga memperoleh keturunan yng baik.

Demikianlah cara merawat nuri kepala hitam yang baik, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba memelihara nuri kepala hitam.

Masukan Email Langganan:

Back To Top