Minggu, 20 Maret 2016

Cara Perawatan Murai Batu Ekor Hitam Agar Menjadi Juara

Cara Perawatan Murai Batu Ekor Hitam Agar Menjadi Juara - Perawatan Murai Batu ekor hitam sebenarnya tidak berbeda jauh dengan perawatan burung lain. Burung yang satu ini memiliki banyak penggemar karena kualitasnya yang bagus dan berbakat menjadi juara. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang mencari burung Murai Batu ekor hitam bakalan. Jika Anda memelihara burung yang satu ini, simak tips perawatan Murai Batu ekor hitam gacor berikut ini. Tentunya Anda ingin burung Murai Batu ekor hitam yang Anda pelihara dapat menjadi juara. Jika iya, maka Anda perlu melakukan perawatan secara tepat agar burung Anda menjadi juara. Untuk perawatan Murai Batu ekor hitam sendiri tidak terlalu rumit.

harga murai batu ekor hitam,perawatan murai batu ekor hitam,murai batu ekor hitam juara nasional,murai batu ekor hitam natalia,murai batu ekor hitam jantan,suara murai batu ekor hitam,
Baca juga: Tips dan Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina Umur 3 Bulan Yang Simple

Berikut Cara Perawatannya

1. Mandikan 2 hari sekali

Burung Murai Batu ekor hitam dapat Anda mandikan 2 hari sekali, kemudian dijemur di bawah terik matahari. Ketika melakukan penjemuran, sebaiknya menggunakan kandang yang cukup besar agar burung lebih leluasa beraktivitas.

2. Beri pakan secara tepat

Cara perawatan Murai Batu ekor hitam selanjutnya yaitu dengan memberinya pakan secara tepat. Pakan untuk burung kicau yang satu ini yaitu jangkrik, berikan sebanyak 4 sampai 6 ekor setiap harinya. Namun ketika menghadapi perlombaan, Anda dapat memberinya 8 sampai 10 ekor setiap harinya. Perawatan Murai Batu ekor hitam harian dan sebelum hari lomba memang sebaiknya dibedakan. Sebelum mengikuti perlombaan, sebaiknya burung diberi makan lebih untuk memancing semangatnya. Selain diberi jangkrik, beri juga kroto segar sebanyak ½ sendok makan setiap harinya. 

harga murai batu ekor hitam,perawatan murai batu ekor hitam,murai batu ekor hitam juara nasional,murai batu ekor hitam natalia,murai batu ekor hitam jantan,suara murai batu ekor hitam,


Namun untuk perawatan Murai Batu ekor hitam harian, Anda dapat memberikan kroto segar 2 atau 3 hari sekali. 2 hari sebelum perlombaan, Anda dapat meningkatkan jumlah pakan menjadi 20 ekor jangkrik setiap harinya. Berikan 10 ekor jangkrik di pagi dan 10 ekor jangkrik lagi di sore harinya. Sehari sebelum perlombaan, Anda dapat memberikan cacing kepada burung Anda.

3. Kerodong kandang

Kerodong kandang memang penting untuk dilakukan, terutama di malam hari agar burung tidak kedinginan. Untuk perawatan Murai Batu ekor hitam harian, kerodong kandang dapat dilakukan di malam hari saja. Namun ketika menjelang perlombaan sebaiknya dilakukan juga di siang hari dan gantung burung di tempat yang teduh. Tujuannya agar burung dapat lebih fokus untuk mempersiapkan perlombaan.

4. Pemasteran

Cara perawatan Murai Batu ekor hitam juara berikutnya yaitu dengan melakukan pemasteran. Pemasteran dapat dilakukan dengan cara menyandingkan burung Anda dengan burung master setiap harinya. Lakukan pemasteran setelah burung dijemur setiap harinya sampai sore hari, lakukan juga di malam hari. Di malam hari, Anda dapat menutup kerodong kandang burung lalu putar rekaman burung master. Putar dengan suara yang lirih saja, jangan sampai burung Anda merasa terganggu atau bahkan takut dengan suara yang terlalu keras.

Itulah cara perawatan Murai Batu ekor hitam yang dapat Anda lakukan agar burung Anda menjadi juara. Burung kicau yang satu ini sekarang menjadi salah satu jenis burung yang banyak dicari karena kemampuan berkicaunya tersebut. Jika Anda mengaku sebagai pencinta burung Murai Batu ekor hitam, maka Anda perlu melakukan perawatan tersebut. Dengan perawatan yang tepat maka semakin besar peluang burung Anda memenangkan perlombaan. Cara perawatan Murai Batu ekor hitam sendiri sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan.

Masukan Email Langganan:

Back To Top