Sabtu, 19 Maret 2016

Inilah Cara Tepat Perawatan Kenari Saat Mabung

Cara Tepat Perawatan Kenari Saat Mabung - Perawatan Kenari saat mabung memang tidak sedikit lebih rumit, namun tidak sulit jika Anda melakukannya dengan tepat. Mabung sendiri merupakan sebutan untuk burung yang sedang mengalami kerontokan bulu. Proses rontoknya bulu burung ini merupakan proses alami, dialami oleh semua burung. Burung Kenari juga akan mengalami masa mabung yang akan membuatnya tampak tak berbulu. Proses ini biasanya terjadi dalam waktu yang cukup lama, kurang lebih 2 sampai 3 bulan. Cara perawatan Kenari selama mabung tidak dapat disamakan ketika burung dalam keadaan normal, kondisi kesehatan burung biasanya menurun.

perawatan kenari saat mabung pertama,perawatan kenari mabung agar cepat bunyi,ciri ciri kenari mabung,berapa lama kenari mabung,cara memaster kenari saat mabung,
Baca juga: Tips Perawatan Lovebird Juara Nasional Dari Para Jawara
Ketika mengalami proses perontokan bulu, sebagian besar energi burung sudah digunakan untuk proses tersebut. Akibatnya, burunrg memiliki daya tahan tubuh yang menurun dan burung akan tampak lesu. Bagi Anda yang memiliki burunrg Kenari yang sedang mabung, simak mengenai perawatan Kenari saat mabung berikut ini. Ketika burunrg Kenari mabung, biasanya burunrg akan malas untuk berkicau. Burung juga mengalami kerontokan bulu yang semakin hari akan semakin bertambah jumlahnya. Pada bagian tubuhnya akan terlihat bulu-bulu yang baru tumbuh, jika melihat ciri-ciri tersebut segera lakukan perawatan Kenari saat mabung.

perawatan kenari saat mabung pertama,perawatan kenari mabung agar cepat bunyi,ciri ciri kenari mabung,berapa lama kenari mabung,cara memaster kenari saat mabung,


Proses mabung ini terjadi secara alami, bukan karena penyakit yang membahayakan kesehatan burunrg. Faktor utama terjadinya mabung yaitu karena faktor umur, selain itu juga dapat karena pengaruh pakan dan juga cuaca alam. 

Untuk Perawatan Kenari Saat Mabung Sendiri

1. Dikerodong

Burung Kenari yang sedang mabung sebaiknya dikerodong, biarkan burunrg Kenari dalam kondisi yang lebih tenang. Tujuannya agar proses mabung dapat terjadi dengan cepat, tidak menunggu lebih lama.

2. Jangan dimandikan

Cara perawatan Kenari saat mabung selanjutnya yaitu hindari memandikan burunrg Kenari. Begitu juga untuk penjemuran, sebaiknya jangan dilakukan terlebih dahulu sampai bulu-bulu barunya tumbuh semua.

3. Tempatkan di tempat yang khusus

Ketika mabung, burunrg Kenari akan mengalami kerontokan bulu secara total. Cara perawatan Kenari saat mabung sebaiknya tempatkan burunrg Kenari Anda di tempat khusus. Tujuannya agar bulu-bulunya tidak beterbangan kemana-mana.

4. Berikan makanan cukup

Perawatan Kenari saat mabung sangat penting untuk dilakukan, berikan makanan yang cukup. Dengan makanan yang cukup, burunrg Kenari akan memiliki tenaga cukup untuk menjalani proses mabung. Berikan makanan ekstra dibanding makanan sehari-hari, selain itu berikan juga vitamin. Namun perlu diingat, lakukan cara perawatan ini ketika bulu mudanya sudah mulai tumbuh. Ketika bulu-bulunya baru mulai rontok sebaiknya jangan diberi makanan ekstra terlebih dahulu.

Ketikan melakukan cara merawat Kenari saat mabung yang terakhir, perhatikan juga porsinya. Jangan sampai burung Kenari Anda terlalu gemuk dan membuatnya malas untuk berkicau. Berikan makanan ekstra secukupnya saja untuk memberikan energi cukup agar bulu-bulunya tumbuh cantik. Jika burunrg Kenari mendapatkan perawatan tepat ketika mabung, maka proses mabungnya dapat dipercepat. Jika tidak, maka proses mabung dapat berlangsung lama dan tentunya Anda akan jarang mendengar burunrg Kenari Anda berkicau. Sekian mengenai perawatan Kenari saat mabung, semoga uraian ini bermanfaat.

Masukan Email Langganan:

Back To Top