Kamis, 10 Maret 2016

Cara Merawat Cendet Mabung

Cara Merawat Cendet Mabung - Burung merupakan unggas yang kini juga bernilai komersil tinggi, maka tidak heran jika berbagai kalangan mulai tertarik beternak burung. Biak untuk tujuan komersil atau tujuan semata. Tentunya burung-burung tersebut harus memiliki keindahan. Salah satu burung yang indah dan banyak dipelihara oleh manusia adalah cendet. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai perawatan burung cendet mabung. Perlu Anda ketahui cara merawat cendet mabung tidak bisa sembarangan.

cendet mabung tidak tuntas,cara merawat cendet mabung pertama,merawat cendet mabung pertama,merawat cendet mabung ngurak,ciri cendet mabung,perawatan cendet mabung om kicau,
Baca juga: Tips dan Cara Merawat Kacer Biar Gacor
Bagi Anda pecinta burung mungkin tidak asing lagi dengan istilah mabung. Namun bagi Anda yang pemula, pahami terlebih dahulu apa itu mabung. Mabung dalam bahasa Inggris disebut molting, yaitu proses pergantian bulu lama dengan bulu batu yang pasti akan dialami setiap unggas. Ketika mabung, bulu lama akan rontok dan tergantikan dengan yang baru. Jika proses mabung berjalan lancar sebenarnya dapat membuat cendet lebih berkicau indah. Untuk itu, dibutuhkan cara yang benar dalam proses mabung ini. Nah, berikut ini kami informasikan bagaimana cara merawat cendet mabung agar berjalan dengan sempurna.

Langkah Cara Merawat Cendet Mabung yang Baik

1. Pakan untuk Cendet

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawat cendet mabung. Hal pertama adalah makanan alias pakan untuk cendet. Gunakan campuran antara voer ayam broiler (BR1) dan voer harian. Perpaduan antara keduanya dapat membuat bulu mudah rontok sehingga proses mabung pun berjalan cepat. Buatlah takaran dengan perbandingan 50:50.

cendet mabung tidak tuntas,cara merawat cendet mabung pertama,merawat cendet mabung pertama,merawat cendet mabung ngurak,ciri cendet mabung,perawatan cendet mabung om kicau,

2. Pakan tambahan

Proses merawat cendet mabung selanjutnya adalah pemberian pakan tambahan. Makanan tambahan untuk cendet mabung adalah jangkrik. Berikan jangkrik 6 ekor setiap pagi dan sore hari. Selain jangkrik, Anda juga bisa memberikan ulat hongkong sebanyak 5 sampai 10 ekor pada pagi dan sore hari. Ada juga kroto yang bisa Anda berikan setiap hari selama masa mabung. Cacing tanah pun dapat diberikan setiap 2 minggu. Pakan tambahan untuk cendet mabung harus berprotein tinggi.

3. Mandi dan berjemur

Dalam merawat cendet mabung tidak perlu memandikannya setiap hari, bahkan sebaiknya jangan memandikan cendet selama masa mabung. Cendet boleh mandi ketika bulu sudah rontok semua. Selain itu, Anda juga tidak perlu menjemur cendet yang sedang mabung. Hal tersebut dilarang karena sinar matahari akan menghambat pertumbuhan bulu baru.

4. Multivitamin

Layaknya manusia, merawat cendet mabung pun membutuhkan multi vitamin khusus unggas. Multi vitamin ini dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan tubuh karena pastinya makanan utama ataupun pakan tambahan masih belum cukup memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh unggas. Anda bisa memilih berbagai macam vitamin unggas di toko unggas.

5. Kondisi lingkungan

Proses merawat cendet mabung selanjutnya adalah memperhatikan kondisi lingkungan. Pastikan lingkungannya aman, tenang dan nyaman. Sebaiknya tempatkan cendet pada lokasi tersendiri, terpisah dari burung lainnya. Salah satunya dengan full kerodong supaya cendet merasa sangat aman dan nyaman.

6. Mastering

Mastering merupakan cara mengajarkan berbagai kicauan untuk burung. Ketika cendet mabung, saat itu pula ia lebih banyak diam. Anda bisa memastering cendet sesuai karakter suara cendet. Apabila mastering Anda tepat maka burung cendet tersebut akan lebih memiliki banyak variasi suara. Perawatan cendet mabung kelihatannya sederhana tapi tetap harus berhati-hati.

Sedangkan cendet mabung berapa lama, tergantung pada proses perawatan yang Anda lakukan. Semakin baik cara merawat cendet mabung maka proses mabung akan cepat selesai.

Masukan Email Langganan:

Back To Top