Selasa, 22 Maret 2016

Penyebab dan Cara Merawat Kacer Mbagong

Penyebab dan Cara Merawat Kacer Mbagong - Adakah tips dan trik untuk pemula cara merawat kacer mbagong? Mungkin kebanyakan orang yang sudah lama berkecimpung di dalam dunia burung kicau sudah tidak asing lagi jika mendengar kata mbagong. Akan tetapi bagi orang yang baru saja terjun di dalam dunia burung kicau merasa asing dengan kata mbagong. Pada dasarnya, istilah mbagong ini berasal dari sebuah perilaku burung kacer yang gayanya mirip kuda laut dengan pose badan yang tegak, dada dibusungkan diikuti dengan bulu yang mekar. Selain itu, ekornya lurus menghadap ke bawah dan suaranya monoton. Jika Anda mempunyai masalah dengan burung kacer.

mengatasi kacer mbagong saat diadu,cara menghilangkan kacer mbagong,cara mengatasi kacer mbagong saat lomba,mengatasi kacer mbagong jalan,cara mengatasi kacer mbagong dan salto,
Baca juga: Naiknya Harga Parkit Australia 2016

Berikut Kami Rangkumkan Tips dan Cara Merawat Kacer Mbagong

1. Jangan berlebihan memberikan pakan berprotein lim lop

Biasanya burung kacer yang mbangong ini disebabkan karena pemberian pakan EF dengan protein yang sangat tinggi. Pakan burung kacer dengan protein yang sangat tinggi bisa ditemukan pada kroto. Pemberian pakan kroto yang berlebihan bisa berdampak kepada birahi burung kacer yang over. Oleh sebab itu, cara merawat kacer mbagong ketika sudah kelebihan pakan adalah kurangi pemberian pakan kroto misalnya hanya dilakukan 2 hari sekali supaya burung kacer tetap sehat dan tidak over birahi. Selain itu, merawat kacer mbagong, berikanlah jangkrik lebih banyak dari pada kroto.

2. Penggantian sangkar terlalu sering

Tips agar kacer tidak mbagong dengan tidak melakukan penggantian sangkar yang sering. Penggantian sangkar terlalu sering kepada burung kacer perlu dilakukan. Oleh karena itu, jika Anda akan memindahkan burung kacer ke sangkar yang baru, lebih baik perkembangan dari burung kacer tersebut dalam waktu satu minggu. Selanjutnya jangan sering memindahkan burung kacer ke kandang baru, biarkanlah burung kacer beradaptasi dengan kandang barunya. Merawat kacer mbagong yang parah tentunya lebih sulit dari pada burung kacer yang baru saja muncul tanda-tanda mau mbagong.

3. Rutin memandikan burung kacer

Perawatan kacer sebelum lomba dengan memandikannya agar tidak mbagong. Memelihara burung kacer mungkin hanya dijadikan hobi oleh para penggemar burung kicau Indonesia. Sehingga terkadang pemilik burung kacer tidak memandikan burung kacer dengan rutin, padahal salah satu penyebab burung kacer mbagong adalah tidak dimandikan dengan rutin, itulah yang membuat burung kacer menjadi kurang nyaman. Jika Anda menemui perilaku mbagong pada burung kacer Anda, mulailah merawat kacer mbagong dengan memandikannya secara teratur. Anda dapat memandikannya ketika pagi serta sore dan bisa memandikannya sekitar 2 hari sekali atau 3 kali sehari agar bulu burung kacer menjadi lebih bersih.

mengatasi kacer mbagong saat diadu,cara menghilangkan kacer mbagong,cara mengatasi kacer mbagong saat lomba,mengatasi kacer mbagong jalan,cara mengatasi kacer mbagong dan salto,


Merawat kacer mbagong terbilang lebih mudah jika mengikuti langkah-langkah di atas dengan baik. Perlu Anda tahu tidak hanya kacer jantan saja yang dapat mbagong namun burung kacer betina pun juga sering mbagong. Terkadang mbagong burung betina tidak disebabkan oleh hal-hal di atas namun ketika berdekatan dengan kacer jantan. Oleh karena itu Anda harus mengetahui karakter dan kondisi dari burung kacer milik Anda sebelum menyimpulkan bahwa burung tersebut mbagong dan melakukan cara merawat kacer mbagong yang intensif.

Masukan Email Langganan:

Back To Top